Sekolah Luar Biasa (SLB) Adalah Habitat Anak Berkebutuhan Khusus?

Pertanyaan pertama sebelum melanjutkan artikel ini, “Ketika Anda ditanya, kemana kah anak-anak dengan masalah mental, fisik, kecerdasan akan disekolahkan?”
Mungkin, Anda akan serta merta menjawabnya dengan jawaban “Sekolah Luar Biasa (SLB)”, bukan?. Pada banyak paradigma berpikir masyarakat saat ini, Sekolah Luar Biasa (SLB) dianggap merupakan pilihan satu-satunya untuk menyekolahkan anak dengan kebutuhan khusus. Hal ini disebabkan oleh pandangan bahwa, pendidikan khusus atau Pendidikan Luar Biasa (PLB) hanya bisa dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB).
Sebelum membahas mengenai pendidikan anak berkebutuhan khusus, yang pertama kali harusnya kita kaji kembali adalah, siapakah mereka? 
Istilah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), merupakan satu kalimat yang mengalami pergeseran makna yang positif, yang ditujukan bagi mereka yang memiliki kekuranan fisik dan mental. Jika biasanya kondisi ini disebut dengan istilah cacat, maka penyandangnya disebut dengan anak berkebutuhan khusus. Label ABK bertujuan agar, anak-anak dengan kekurangan fisik dan mental tetap memiliki kepercayaan diri, merasa memiliki nilai, memiliki semangat untuk maju dan tidak dilihat sebelah mata oleh masyarakat.
Seorang anak dengan kebutuhan khusus, tidak pernah memilih di keluarga mana mereka akan hadir. Mereka bisa menjadi bagian dari keluarga yang sangat kaya, keluarga menengah ataupun keluarga yang tidak kaya. Mereka juga tidak akan menseleksi, apakah keluarga mereka berasal dari keluarga yang sangat religious atau bukan. Tidak juga mereka memiliki terlahir dari keluarga yang berpendidikan, atau tidak. Mereka terlahir di keluarga mana, lebih tepatnya karena Tuhan yang menentukan keluarga mana yang lebih mampu untuk melakukan yang terbaik untuk mereka.
Banyak pemikiran negatif di luar sana, menyebutkan bahwa, ketika seorang anak dengan kebutuhan khusus terlahir dalam sebuah keluarga, kemungkinan pasangan ayah ibunya tengah mengalami konflik ketika mengandung bayi tersebut. Padahal, kehadiran anak, seperti apapun kondisinya merupakan anugerah Tuhan. Karena Tuhan tidak mungkin menitipak seseorang anak, tanpa maksud tertentu. Karenanya, setiap anak dengan kebutuhan khusus, memiliki hak untuk mendapatakan tumbuh kembang yang baik, baik di tengah keluarga, masyarakat dan negara mereka.
Labels: Berita

Thanks for reading Sekolah Luar Biasa (SLB) Adalah Habitat Anak Berkebutuhan Khusus?. Please share...!

0 Comment for "Sekolah Luar Biasa (SLB) Adalah Habitat Anak Berkebutuhan Khusus?"

Back To Top