Makna Pendidikan Khusus

Pendidikan Khusus: layanan (services) yang dilakukan untuk menghilangkan hambatan belajar dan hambatan perkembangan yang spesifik (akibat disabilitas dan keberbakatan)  agar kebutuhan belajar akibat dari hambatan itu dapat dipenuhi.  

Fungsi Pendidikan Khusus
Fungsi Preventif: upaya mencegah agar hambatan yang dialami oleh seorang individu tidak meluas, bahkan hambatan tsb dihilangkan.

Fungsi kompesasi: upaya/tindakan untuk menganti atau mengalihkan fungsi yang rusak atau hilang dengan fungsi yang lain

Fungsi intervensi: membangun kompetensi/kecakapan yang seharusnya dimiliki oleh individu yang mengalami hambatan

Pendidikan Khusus sebagai Ilmu Sebuah ilmu pengetahuan harus memiliki tiga syarat:
Aspek ontologi : objek yang dipelajari
Epistimologi      : metoda/cara  untuk mengetahui pengetahuan
Aksiologi          : kegunaan manfaat dari pengetahuan itu

Ontologi
Objek formal : individu yang mengalami hamabatan belajar dan hambatan perkembangan
Objek material: indivdidu 

Epistimologi
bagaimana pendidikan khusus dapat diketahui: metode riset dalam pendidikan khusus

Aksiologi
Pendididikan khusus digunakan untuk melayani pendidikan anak yang mengalami hambatan belajar dan hambatan perkembangan agar mereka dapat berkembang optimal. Secara aksiologi PKh berfungsi: Preventif, Kompensasi, dan Intervensi.

Prinsip
  • Menerima dan menghargai perbedaan
  • Layanan/services fokus pada hambatan dan kebutuhan individu
  • Mengakomodasi keunikan/kekhususan individu ke dalam sistem lingkungan

Labels: Opini

Thanks for reading Makna Pendidikan Khusus. Please share...!

0 Comment for "Makna Pendidikan Khusus"

Back To Top